top of page

6 Safe Skincare Products to Use During Pregnancy



Selama awal kehamilan trimester 1 sampai dengan trimester 2 tengah kulit muka saya cukup banyak jerawatnya. Sempat stress karena jerawatnya ngga hilang-hilang makin hari makin banyak. Sebelum hamil saya menggunakan krim wajah dari Dr. Kun, tetapi sejak tahu hamil saya langsung stop menggunakan krimnya. Banyak yang bilang bisa tetap menggunakan krim dokter tetapi harus konsultasi dulu. Tapi saya memilih untuk tetap tidak menggunakan krim dokter. Sekalian ingin lepas juga dari penggunaan krim-krim dari dokter,


Dari dulu sejak lulus kuliah saya menggunakan Facial Treatment Essence (FTE) dari SK II. Alhamdulillah cocok dan setelah saya baca-baca review beauty blogger dan Facebook resmi SK II mengatakan bahwa FTE SK II aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tapi tetap aja jerawat saya ga hilang-hilang. Saya sampai pusing harus menggunakan skincare apa lagi yang aman untuk ibu hamil. Akhirnya saya mencoba Masker Kefir keluaran dari seorang artis. Banyak review yang bilang bagus dan aman untuk ibu hamil. Selama 2 bulan menggunakan masker kefir saya merasakan kulit saya lebih kenyal, lembab dan cerah, tapi.......jerawat ga lantas hilang begitu saja. Saya pasrah dan akhirnya stop menggunakan masker kefir. Saya semakin yakin jerawat-jerawat ini datang disebabkan oleh hormon hamil, karena memang tidak seperti biasanya saya memiliki jerawat yang terus-terusan muncul.


Di tengah trimester 2 tiba-tiba jerawat saya hilang begitu saja, rambut saya yang tadinya rontok terus juga jadi ga pernah rontok lagi, malah jadi lebat. Saya happy banget dong, karena saya ga perlu mencoba untuk beli skin care mahal-mahal dan ga perlu pusing-pusing bersihin lantai tiap kali habis meng-hairdryer rambut.


Sekarang saya sedang jalan 9 bulan, dan alhamdulillah kondisi kulit muka saya perlahan membaik, sudah tidak ada jerawat yang muncul, cuma memang agak kering dari biasanya. Selama kehamilan saya menggunakan beberapa skincare untuk wajah dan perut.



Facial Treatment Essence SKII

Ini skincare terfavorit saya dan yang paling konsisten penggunaannya hehehe. Saya menggunakan FTE sejak lulus kuliah sampai sekarang hamil trimester 3 dan alhamdulillah tidak pernah ada keluhan apapun, malah saya merasa wajah saya menjadi lebih cerah dan lembab. Perlu diingat penggunaan FTE ini tidak instan jadi harus rajin dan bersabar untuk mendapatkan hasil yang maksimal hehehe.


Bio Oil

Untuk para ibu-ibu yang sedang hamil atau setelah melahirkan pasti udah ga asing lagi sama Bio Oil. Dari trimester satu saya rajin menggunakan ini ke perut, paha dan bokong agar tidak ada stretch mark. Selain itu, semenjak menggunakan Bio Oil secara rutin saya tidak pernah merasakan gatel terhadap perut saya seperti kebanyakan ibu hamil lainnya.


Jafra Clear Blemish Treamenty

Nah ini juga salah satu holy grail saya selama hamil trimester 1 sampai dengan 2. Ini obat jerawat terampuh dan aman untuk ibu hamil. Tidak membuat kering kulit seperti obat jerawat lainnya dan tidak lengket. Cara pemakaiannya ditotolin pada area yang berjerawat pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah membersihkan wajah.


Herbilogy Tummy and Thigh Oil

Saya menggunakan oil dari herbilogy ini ganti-gantian dengan Bio Oil. Baunya enak, harganya affordable, dan enak pas diaplikasikan ke bagian perut. Menurut saya ini salah satu skincare lokal yang wajib banget dicoba untuk ibu hamil.


Sensatia Daily Essential Facial C-Serum

Saya tahu produk Sensatia dari awal kehamilan, tetapi baru kesempatan membeli produk ini ketika baru masuk trimester 3. Saya iseng menitip teman saya yang tinggal di Bali. Yup, produk Sensatia ini adalah produk asli Bali, terbuat dari bahan-bahan organik sehingga aman untuk Ibu hamil. Selain itu harganya murah sekali untuk ukuran serum. Seinget saya harganya 180 ribu rupiah. Saya sangat rutin menggunakan ini di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. So far tidak ada purging di muka saya selama penggunaan dan muka terasa lebih lembut dan kenyal.


Corine de Farme Purity Micellar Water

The best micellar water ever! Saya suka sekali dengan micellar water ini, tidak kalah bagus dengan Bioderma. Sekali usap ke wajah kotoran keangkat semua dan tidak lengket di muka. Saya juga rajin menggunakan ini setelah seharian beraktivitas atau setelah menggunakan makeup.



Thanks for reading!





MADE BY ICHA WITH LOVE

CATEGORIES

SUBSCRIBE
VIA EMAIL

RECENT POSTS

MY PORTFOLIO

bottom of page